Biar Guru Swasta, Dia Tetap Peduli

4 comments 146 views

Masih ada seorang guru yang peduli, Bukan status nya yang mereka banggakan sebagai guru pengajar di salah satu sekolah swasta ternama. Guru-guru yang saya temui di salah satu elementary school, mempunyai hati seorang pendidik sejati. Sebut saja Sekolah Islam Terpadu MI Luqman Al hakim Slawi. Sebagai seorang guru, mereka lebih mengutamakan pendidikan yang bersifat religius sebagai landasan dasar pelajaran yang lainya dan pembentukan karakter. Mereka juga tidak memilih murid atau kelas untuk mengajar. Jangan terkejut sebab memang ada guru yang memilih hendak mengajar kelas murid-murid yang pandai, bila di tempatkan di kelas murid yang kurang pandai, motivasi diri menjadi kurang.

Hemm, kok bisa kaya begicu yah… Kalau memang begitu sifat seorang guru, sungguh kasihan nasib murid-murid yang kurang pandai ini. Mereka bukan bodoh tetapi bagaimana cara kita sebagai guru memahami cara belajar masing – masng anak. Tetapi disini saya tidak menjumpai sosok seorang guru yang memepunyai sifat memilih, semuanya sama dimata mereka.

Pengalaman mengajar seorang guru yang saya kenali ini, memang bisa di bilang seperti fosil atau langka di temukan. Mereka ikhlas mengorban kan segalanya demi anak didiknya  ketika saya bertanya pada salah seorang guru “Kenapa Ustad mau berjuang sekeras ini sampai harus mengorbanan waktu, tenaga dan uang yang tak sebanding dengan penghasilanya ?

“Anak adalah sebuah amanah dari Allah yang harus kita didik benar-benar walaupun harus mengorbankan sesuatu yang berharga ” tutur Ustad tersebut. Semoga saja saya tidak hanya menemukan guru seperti ini di SIT MI Luqman Al Hakim Slawi saja.

Saya hanya seorang guru baru terkejut melihat media yang digunakan oleh guru yaitu dengn PPT, flash player dan makro media flash yaitu pembelajaran interaktif dan LAB computer ini adalah sebagai wujud bahwa SIT MI Luqman Al Hakim adalah ISLAMIC SCHOOL and MODERN SCHOOL dalam tinggkat sekolah dasar.

Mereka tidak hanya kreatif dalam pembuatan media tetapi juga kreatif dalam menhidupkan suasana kelas, cerita dan melawak ketika suasana anak udah mulai capek dan bosan. Seperti patner ngajar saya dia humoris make feel fun and relax in the class, the gain control of computer science and Photograph , sebut saja namanya Ustad Araf Hakim. Mempunyai metode pengajaran yang tidak asing dengan ala dongeng nya dan saking semangat nya kadang dia lupa akan jam mengajarnya sudah habis tetapi masih ngajar nek wong jowo iku arane nanduk. Saya juga terkesan dengan salah seorang guru muda yang satu ini walaupun sudah punya istri dan 1 anak dia eksis dalam penulisan majalah, sebagai teacher trainer dan the book writer “ B’right teacher”, Ustad Ali Irfan. Ada lagi yang mempunyai life skill unik dengan mengusai selain karate dia juga mahir dalam metode pengobatan yang di sunahkan oleh Nabi yaitu bekam. Ustad Amir ini memiliki talenta cukup bagus dalam Give up Children Motivation. Kalau guru yang satu ini bikin saya terlena kadang-kadang sampai ngantuk dengan alunan suaranya yang merdu dan melengking dalam tilawaty, sebut saja nama akrabnya Pak Koe, dia telah menjadikan anak didiknya jaura tingkat karisidenan lomba tilawaty Qur’an. Sebenernya masih banyak kisah guru di SIT  MI Luqman Al Hakim tapi To Be Continue saja,,, hehehehehe

Tetap semangat ALLAHU AKBAR !!!!!

Directed by :

Uli Basalamah

Tags:
author
4 Responses
  1. author

    alung4 years ago

    lanjutannya mana?

    Reply
  2. author
    Author

    admin4 years ago

    Tunggu saja, mas alung. Insya Allah akan ada cerita seru lagi.

    Reply
  3. author

    Nuraini umi4 years ago

    Dtunggu kelanjtanya

    Reply
  4. author

    galang awal4 years ago

    pangilanya ust. uli itu ustad bujang karene dia masih bujang

    Reply

Leave a reply "Biar Guru Swasta, Dia Tetap Peduli"