Tahun Baru Momentum Meningkatkan Kualitas Hidup

Daryono Faruqi

Segala puji bagi Allah SWT. Yang telah menciptakan alam raya ini di atas MIZAN (keseimbangan), mempergilirkan siang dan malam sampai pada penghujung tahun 2013 sekarang ini menuju 2014. Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Rosululloh SAW, manusia agung utusan Alloh SWT sebagai prototype dari segala kebaikan dan kesempurnaan. Semua kebaikan dan kesempurnaan di alam ini pasti akan melalui sebuah proses alami (sunnatulloh) untuk mewujudkannya, tak terkecuali bagi manusia sebagai salah satu makhluk Tuhan yang diberi akal dan nafsu.

Ada beberapa hal mendasar yang mesti dilakukan kita dalam meningkatkan kualitas hidup, sebagaimana diajarkan Alloh SWT melalui firman-firmanNya.

Pertama, melihat dan menyadari kekurangan-kekurangan diri(dosa dan kesalahan), Alloh SWT berfirman: “dan juga orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatankeji atau menzalimi diri sendiri,(segera) mengingat Alloh, lalu memohan ampun atas dosa-dosanya,dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Alloh? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui.” (QS.Ali Imron : 135)

Ada dua kesalahan(dosa) yang biasa dikerjakan manusia dalam kehidupannya sehari-hari yaitu dosa/kesalahan yang akibatnya menimpa diri sendiri dan orang lain, seperti: zina, riba, pembunuhan, pencurian, dan sebagainya, serta dosa/kesalahan yang akibatnya hanya menimpa diri sendiri, seperti: tidak mengerjakan kewajiban agama, malas belajar, tidak mengerjakan tugas, begadang yang tiada arti, dll.

Kedua, Bertobat, berhenti dari semua kesalahan yang menjadi hambatan kita dalam mengembangkan kebaikan diri dan menggapai prestasi. Alloh SWT berfirman: “dan Dialah yang menerima tobat dari hamba-hambaNya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan.”(QS.Asy-Syuro: 25)

Ketiga, Bertekad menjadi lebih baik. Evaluasi diri(Muhasabatunnafsi) dengan mengoreksi serta menyadari kelemahan dan kekurangan diri wajib dilakukan ketika orang ingin menjadi lebih baik. Namun itu akan sia-sia jika tidak diikuti niat/tekad untuk meningkatkan amal sholeh(aktifitas positif). Allah SWT berfirman:  Dan katakanlah: ”Bekerjalah(beraktifitaslah) kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, begitu juga RosulNya dan orang-orang mukmin. Dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Maha Mengetahui yang ghoib dan yang nyata, lalu diberitahukannya kapada kamu apa yang telah kamu kerjakan”.(QS.At-Taubah : 105)

Keempat, Berdo’a. Do’a  merupakan salah satu kekuatan jiwa/batin seseorang dalam menjalani hidupnya dan setiap do’a pasti akan diperkenankan Allah SWT. Sebagaimana firmanNya: “dan Dia memperkenankan (do’a) orang-orang ayang beriman dan mengerjakan kebajikan serta menambah (pahala) kepada mereka dari karuniaNya. Orang-orang yang ingkar akan mendapat azab yang sangat keras”.(QS.Asy-Syuro : 26)

 Sebagai renungan bersama marilah kita simak nasehat dari sahabat Ali bin Abi Tholib :

“Barang siapa yang hari ini lebih jelek dari kemarin maka dia termasuk orang yang celaka, dan barang siapa yang hari ini sama dengan kemarin maka dia rugi dan barang siapa yang hari ini lebih baik dari kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung”. Wallohu A’lam bishowaab

author
One Response
  1. author

    ZAINAL ABIDIN4 years ago

    Muhasabah (menghitung-hitung) apa yg sudah dikerjakan dan bagaimana amal ke depan serta selalu berhubungan dengan yang Kuasa.

    Reply

Leave a reply "Tahun Baru Momentum Meningkatkan Kualitas Hidup"