Hanifa Zahra Wibowo Juara I Mendongeng

8 comments 269 views

Alhamdulillah, satu lagi prestasi membanggakan dari siswi MI Luqman Al Hakim Slawi. Hanifa Zahra Wibowo kelas 4 B tampil sebagai juara pertama Lomba Mendongeng tingkat SD yang diselenggarakan Dewan Kesenian Kabupaten Tegal pada Ahad 23 Maret 2014 di Gedung Rakyat Slawi. Acara itu digagas dalam rangka memperingati Hari Dongeng se-Dunia.

Atas ijin Allah dan tidak sia-sia juga apa yang sudah diperjuangkan Hanifah dan Ustadzah Lia sebagai saya. Setelah melewati perjalanan panjang dengan terus  berlatih penuh percaya diri dan rasa optimisme, apa yang dicita-citakan terwujud sudah.

Ada beberapa pengalaman yang menarik dan tak terlupakan ketika Hanifah dan Ustazah saya menjalani latihan. Sebelum anak-anak mengikuti lomba mereka melalui tahapan seleksi untuk menentukan siapa yang layak dan punya potensi untuk bercerita dengan baik, dan punya karakter suara yang khas.

Dari beberapa anak yang ikut seleksi terpilih tiga anak yaitu Hanifah, Tyfa kelas 4 C dan Ocha kelas 6 B yang memang punya potensi. Saya terkesan dengan Hanifah yang punya karakter suara  khas dan unik. Saya yakin, Hanifah punya peluang menang.

Pertama latihan, anak-anak masih kesulitan untuk memahami isi dongeng, apalagi mereka harus hafal jalan ceritanya, membuat intonasi suara yang baik, mampu berekspresi dan menghayati setiap peran yang ada dalam cerita. Tapi subhanallah mereka tak patah semangat, justru mereka sangat kreatif membuat improvisasi cerita. Inilah yang membuat saya bertambah yakin kalau mereka anak-anak cerdas yang layak juara.

Saya sempat down ketika Ocha kelas 6 B tidak bisa ikut latihan karena memang kelas 6 disibukkan dengan kegiatan belajar menghadapi ujian sekolah yang tidak mungkin ditinggalkan. Padahal Ocha sudah di daftar namanya oleh panitia lomba. Keputusannya saya harus mencari pengganti Ocha.

Ternyata, banyak anak antusias ikut lomba mendongeng, mungkin karena mereka termotivasi oleh teman yang ikut, dan anak-anak melihat saat teman-teman mereka latihan. Tapi saya hanya memutuskan 2 anak yang harus ikut seleksi karena terbatasnya waktu. Akhirnya dipilihlah Tia kelas 4 c dan Asya kelas 4 B.

Tia sedikit pemalu dan punya suara yang biasa saja tapi semangatnya luar biasa, sedangkan Asya sebenarnya punya karakter suara juga, namun semangat untuk lebih bersungguh-sungguh lagi masih kurang. Akhirnya terpilihlah Tia, karena saya yakin, semangat merupakan modal utama sebuah keberhasilan ditambah dengan latihan yang sungguh-sungguh. Dan saat latihan, Tia membuktikan kalo memang dia bisa. Meskipun Tia tidak juara saat lomba, tapi bagi saya, Tia adalah juara karena mengalahkan rasa tidak pede nya menjadi anak yang percaya diri untuk tampil dan berani.

Di hari terakhir latihan, saya sedikit kecewa dengan mundurnya Tyfa sebagai peserta karena dia harus ikut orang tuanya ke Semarang. Padahal Tyfa sudah sangat maksimal berlatih dan 100% siap bertanding. Tapi apa daya saya tidak bisa mencegahnya. Karena satu hari lagi harus bertanding, terpaksa hanya 2 orang anak yang mengikuti lomba.

Mudah-mudahan kemenangan Hanifah meraih juara 1 Lomba Mendongeng, akan memotivasi teman-temannya di MI Luqman Al hakim, untuk bisa seperti Hanifah. Bagaimanapun, mereka pasti bisa jadi juara! (Oleh Dwi Apriliyani foto Araf Hakim)

author
8 Responses
  1. author

    Ghina Hananti5 years ago

    ocha ? icha kali :3

    Reply
  2. author

    Ali Irfan5 years ago

    Hanifa itu unik, suaranya khas, dan punya karakter, pantas menang mendongeng. selamat ya Hanifa. Nanti bisa duet bareng Kak Tedi nih…. hehehe….

    Reply
  3. author
    Author

    admin5 years ago

    Oke, sekaligus ralat. Yang benar Icha bukan Ocha. Thanks Ghina.

    Reply
  4. author

    Ghina Hananti4 years ago

    Dari kemarin salah terus :3 :v

    Reply
  5. author

    rosy 4b4 years ago

    hanifa, km hebat tapi, kalau ada asya km makin hebat!

    Reply
  6. author

    Raisha Sovia Mawarni4 years ago

    selamat yaa Hanifa 🙂

    Reply
  7. author

    Rafi Gm4 years ago

    hebat

    Reply
  8. author

    irsyad4 years ago

    hanifa kmu memang hebat…aku salut sama kamu dan aku suka kmu..

    Reply

Leave a reply "Hanifa Zahra Wibowo Juara I Mendongeng"