Belajar dari Bapak Soegiharto Sosrodjojo

3 comments 190 views

DSC_0602_araf hakimTidak seperti biasa halaman MI Luqman Al Hakim diramaikan dengan banyak mobil Angkot. Mobil-mobil ini memang sengaja didatangkan untuk mengangkut siswa-siswi kelas IV MI Luqman Al Hakim menuju perusahaan teh PT Gunung Slamat yang terletak di kota Slawi. Perusahaan yang berawal dari bisnis keluarga Sosrodjojo pada tahun 1940, dengan produk bermerek Teh Cap Botol, kemudian pada tahun 1953 bisnis keluarga Sosrodjojo berkembang menjadi PT. GUNUNG SLAMAT, yang sampai sekarang menghasilkan berbagai variasi produk dengan merek Botol, Sosro, Poci, Sepatu, Sadel, Terompet & Berko, Sabtu (1/11/2014).

Sesampai di lokasi anak-anak disambut dengan ramah dan penuh keakraban oleh pihak manajemen. Sekretaris Direksi Bapak David dan Kepala Bagian Personalia Bapak Ari Dwi langsung mengantar para siswa ke ruang auditorium. Di ruang ini para siswa dibuat terkesima mendengar penjelasan sejarah PT Gunung Slamat dan produk-produknya. Para siswa juga dibuat kagum dengan perjuangan Bapak Soegiharto Sosrodjojo yang bekerja keras mendirikan perusahaan dari memanggul dan memproses sendiri daun teh sampai kemudian menjadi perusahaan besar.

DSC_0510_araf hakim

Setelah puas mendengarkan penjelasan dari Bapak Ary di ruang auditorium, para siswa diajak berkeliling pabrik, menyaksikan kesibukan karyawan perusahaan dalam memproses teh dari pemasakan, pengeringan sampai pengemasan. Tidak hanya itu, dengan dipandu karyawan perusahaan mereka diberi kesempatan praktek langsung bagaimana megemas teh.

Amirudin salah satu guru yang mendampingi para siswa menjelaskan bahwa PPL ke perusahaan teh wangi ini merupakan aplikasi dari kurikulum 2013 tema 4 sub tema 1 tentang berbagai pekerjaan. “Lewat kegiatan ini para siswa menyaksikan langsung karyawan perusahaan yang memmpekerjakan lebih dari 2000 orang karyawan dengan tugas yang beragam. Selain itu siswa juga lebih mencintai produk lokal yang sudah go internasional dan menjadi icon Kabupaten Tegal ini,” jelas Amir.

Setelah puas berkeliling, para siswa disuguhi nikmatnya teh poci yang disajikan dan dituang dengan cinta oleh pihak manajemen. [araf]

author
3 Responses
  1. author

    pa wie3 years ago

    terima kasih … kepada team managemen PT.Gunung Slamat Slawi yang telah memberikan fasilitas dan pelayanan kepada kami untuk belajar dan mengenal orang besar dari Slawi Bapak Soegiharto Sosrodjojo.
    Jangan Lupa teh poci …. tuangkan dengan Cinta

    Reply
  2. author

    Raufa3 years ago

    Sangat inspiratif. Siapa yang sungguh-sungguh dia akan mendapatkan hasil yang diinginkan.
    Keren untuk guru-gurunya, lebih keren lagi para siswanya. Aplikasi Kur 13 memang dituntut kreatifitas yang tinggi. Sukses selalu!

    Reply
  3. author

    Jasmine3 years ago

    Luar Biasa untuk K13 yg menghadirkan keakraban belajar di lapangan langsung… apalagi bisa menikmati minuman teh langsung dari pabriknya,,,mantaps. Niat Baik Hasil Baik.

    Reply

Leave a reply "Belajar dari Bapak Soegiharto Sosrodjojo"