Serunya Mengamati Alam

7 comments 252 views

DSC_0126

Hilma terlihat sibuk mengamati pohon besar di depannya. Wajahnya tampak serius, keringat yang membasahi wajahnya tidak ia pedulikan. Sesekali dia menulis di kertas tugas pemberian gurunya. Hilma dan teman-temanya kelas 3 MI Luqman Al Hakim hari itu sedang mengikuti Program Pengenalan Lingkungan (PPL), Sabtu, 8 November 2014 di bendungan Danawarih Balapulang. Bendungan yang dibangun sebagai sarana irigasi yang mengairi sawah untuk masyarakat Kecamatan Balapulang, Lebaksiu dan Slawi.

DSC_0166 araf hakim

Lingkungan yang asri alami penuh pohon-pohon besar membuat anak-anak betah dan asyik mengerjakan tugas. Ustadzah Eni menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan mengenalkan lingkungan alam dan buatan, mengamati aneka tumbuhan dan bentuk-bentuk daun. “Diharapkan dengan kegiatan ini anak-anak akan lebih mudah belajar, dan lebih memahami pentingnya menjaga kelestarian alam sebagai wujud syukur atas karunia Allah,” jelasnya.

  DSC_0274

Mandi di sungai menjadi moment yang ditunggu-tunggu siswa. Setelah menyelasikan tugas, dengan pengawasan dan pengawalan ketat dari guru-gurunya, anak-anak pun menjeburkan diri ke sungai. Rasa penat dan panas hilang sekejap oleh segarnya air sungai Gung. Teriakan dan tawa anak-anak pun pecah. Air yang jernih, batu-batu besar memang menambah sensasi tersendiri.

Setelah puas mandi, anak-anak kembali ke sekolah menbawa banyak cerita untuk disampaikan kepada orang tua dan teman-temannya di rumah. (araf)

author
7 Responses
  1. author

    Ali Irfan4 years ago

    Banyak nama untuk menyebut Bendungan Air di Danawarih. Orang-orang Lebaksiu menyebutnya “Seng” Orang-orang Danawarih sendiri menyebutnya, “Pintu” ada pula daerah lain yang menyebutnya “Lak”

    Yang jelas, tempat itu menyimpan eksotisme menawan, sangat menarik dijadikan sebagai destinasi wisata yang murah tapi tetap mendapatkan suasana rihlah.

    Reply
  2. author

    Joy4 years ago

    kelihatannya anak-anak asyik banget bermain,suasana jadi akrab…
    ustadz2 yg lain diajak yach… udah lm blm kesana lg.
    tempatnya nyaman,air yg mengalir jernih&dingin,udaranya sejuk dan yg jls bebas retribusi he he…

    Reply
  3. author

    fathiyah_hanan4 years ago

    ini kelas 3 A,B,C Kan

    Reply
    • author
      Author

      admin4 years ago

      Benar, Hanan.

      Reply
  4. author

    By Rien4 years ago

    Wauuuuw serunya?!
    aq mau kesana lagi ah sama anak-anak 3C dan semuanya. Kapan lagi yach?

    Reply
  5. author

    pawie4 years ago

    subhanallah … indahnya alam ciptaan Allah SWT,
    “tidaklah Allah menciptakan sesuatu dengan sia-sia (3:191)

    Reply
  6. author

    Widi Istanti4 years ago

    Jazakumullah khairan katsiran… kepada ustad-ustadzah …yang telah mendampingi dan membimbing anak-anak hingga terasah cerdas alamnya..langsung praktek bukan sekedar teori…meski capai tapi anak-anak,,,senang:)

    Reply

Leave a reply "Serunya Mengamati Alam"