Rasulullah, Sang Inspirator Hijrah

3 comments 201 views
Buka Puasa Bersama Kelas IV C

Suasana berbeda sangat terasa pada pelaksanaan buka bersama yang diselenggarakan IV C. Bukan hanya karena perdana, tapi karena suasana tempat tinggal tuan rumah yang membawa imajinasi kita pada masa-masa perjuangan. Pelaksanaan buka bersama tersebut dilaksanakan di rumah dinas Komandan Brigadir Infanteri Dewa Ratna.

DSC_1204

Acara tersebut dihadiri oleh anak-anak kelas IV C, guru kelas Umi Zinah Zakiyah, dan guru pendamping Ali Irfan.

Nuansa kekeluargaan terjalin karena mendapat dukungan penuh dari orang tua murid. Terbukti pelaksanaan, beberapa orang tua juga turut membantu menyiapkan, dan melayani anak-anak yang berbuka puasa. Berkesempatan hadir saat itu antara lain Ibunda Yovanda, Ibunda Tiara, dan Ibunda Sabrina.

Acara buka bersama diawali dengan murajaah hafalan QS At-Thoriq dan QS Al Buruuj secara klasikal. Setelahnya dilanjutkan dengan tausiyah singkat yang dibawakan oleh guru pendamping, Ali Irfan.

Ia sempat memaparkan sekilas tentang hijrah. Hijrah itu ibarat perjalanan untuk menuju masa yang lebih cerah, perjalanan yang penuh perjuangan di permulaan, lebih-lebih saat di pertengahan dan sampai di tujuan dengan penuh kebahagiaan.

DSC_1227

Mengutip Surat Al Baqarah 218, ia menyebutkan bahwa orang yang akan mendapatkan rahmat Allah itu ketika melakukan hijrah dengan niat dan tekad yang sungguh di jalan Allah. “Contohlah Rasulullah, hijrah yang dilaksanakan dari Mekah ke Madinah ternyata membawa perubahan besar dengan menyebarnya Islam ke seluruh penjuru dunia. Ini persis seperti yang dikhawatirkan oleh para musuh-musuh Islam sebelum hijrah.”

Menurutnya siapapun kita, apalagi anak-anak harus belajar banyak dari Inspirator Hijrah, yakni Rasulullah. Jika kita yakin, bersungguh-sungguh, bahwa hijrah kita akan berdampak baik, maka Rasulullah bisa dijadikan sebagai teladan terbaik. “Perjalanan meraih cita-cita juga sama dengan hijrah, selama diniatkan dengan sungguh-sungguh dan masih berada di jalan Allah,” pungkasnya.

Begitu waktu maghrib tiba, acara dilanjutkan dengan membatalkan puasa dengan takjil, shalat maghrib berjamaah, dan menikmati hidangan buka puasa yang telah disiapkan keluarga Amanda. Nikmatnya berbuka memang tiada tara!

author
3 Responses
  1. author

    an4 years ago

    Wiuh…..enak nich, nikmatnya….buka puasa bersama teman teman…

    Reply
  2. author

    pawie4 years ago

    ber-Hijrah-lah…. menjadi lebih baik, menjadi lebih disiplin, menjadi lebih cerdas, menjadi lebih bermanfaat bagi sesama dan menjadi anak yang sholih dan sholihah, amin

    Reply
  3. author

    daryono alfaruqi4 years ago

    mengambil pelajaran metamorfosis ulat menjadi kupu-kupu, maka puasa merupakan salah satu proses terpenting menuju perubahan karakter yang luar biasa. inilah salah satu keunggulan MI. LUQMAN ALHAKIM. Sukses..!!

    Reply

Leave a reply "Rasulullah, Sang Inspirator Hijrah"