Menghilangkan Lima Huruf

No comment 189 views

Oleh Ali Irfan

Saya akan ajak anda bermain-main dalam kesempatan ini. Perhatikan dengan seksama barisan-barisan huruf di bawah ini!

BLU IBUM HAR AURYA UMF

Kalau sudah, saya minta anda kembali mengamati kumpulaalin huruf di atas. Jangan bayangkan itu adalah huruf tak beraturan, tak bisa dibaca, karena memang demikianlah adanya. Saya yakin, tidak salah tulis, dan tidak salah huruf.

Tugasnya cukup simpel dalam permainan ini, cukup hilangkan lima huruf dari kumpulan huruf-huruf di atas, sehingga ketika lima huruf sudah dihilangkan, maka menjadi kata yang bisa dibaca.

***

Sambil anda memikirkan jawaban teka-teki di atas, saya akan sedikit bercerita, tentang mimpi saya untuk menerbitkan buku bertema permainan, ice breaking, dan senam otak. Kenapa harus saya sampaikan impian saya, biar anda bisa mendoakan. Ini bagian dari percepatan. Ketika punya impian, cita-cita, atau dalam bahasa yang lebih lugas adalah visi, menceritakan adalah salah satunya! Salah duanya adalah menuliskan impian, yakini, ikhtiar, dan doa.

Beberapa naskah sudah ada beberapa yang tertulis rapi, tinggal menggenapkan sehingga genap menjadi draft buku. Kesemuanya sudah saya praktekkan, dan terbukti jitu! Benar-benar efektif. Suasana yang semula beku, mendadak menjadi cair, yang awalnya stress, menjadi fresh! Kelas yang tadinya tegang, jadi renggang.

Sepengamatan saya menjadi guru, juga trainer di beberapa pelatihan, materi yang saya sampaikan itu sebenarnya bisa habis disampaikan dalam waktu 30 menit dari alokasi rata-rata 2 jam. Bahkan bisa kurang! Itu kalau disampaikan tanpa ada bumbu-bumbu yang bisa bikin seger suasana. Tapi, seandainya saya hanya menyampaikan saja, mentransfer saja, tanpa ada bicara lain, maka suasana kelas tidak hanya menjenuhkan tapi efeknya yang paling terasa, mereka tidak akan mengundang saya lagi berbicara, hehehe…

Jadi, saya harus punya cerita! Saya harus bisa bercerita. Mengisahkan pengalaman-pengalaman pribadi, pengalaman orang-orang lain, kisah-kisah yang menggugah, kisah humor, dan inspiratif. Dan yang tak kalah penting adalah menghadirkan game di setiap kelas.

Dari sini muncul pertanyaan!

Mana yang paling baik? Menyisipkan permainan dalam pelajaran atau menyisipkan pelajaran dalam permainan? Dua-duanya sama baiknya. Yang penting pesan yang ingin disampaikan benar-benar tersampaikan dengan baik.

****

Eh, kok saya keasyikan cerita ya, ngomong-ngomong sudah ketemu belum jawabannya? Waktu menjawab hanya dua menit lho. Tadi sudah anda habiskan satu menit mendengarkan cerita saya, jadi sekarang tinggal satu menit saja.

***

Permainan ini saya dapatkan ketika saya menyelenggarakan Training Menghafal Cepat di Hotel Amaris Semarang. Banyak ilmu yang saya dapat selama di sana. Salah satunya ketemu orang-orang hebat, yang punya semangat belajar yang tinggi. Termasuk permainan huruf acak yang bagus untuk mengawali presentasi!

Waktu satu menit itu cepat lho! Mestinya anda sudah punya jawaban atas teka-teki itu. Atau sudah berusaha keras untuk mencari jawaban tapi tetap ga dapat-dapat jawabannya?

Yang jelas, kalau mau tahu jawabannya, silahkan jawab di kolom komentar, dengan huruf besar, “MAU.” Tapi bagi yang benar-benar mau tahu jawabannya silahkan tulis pada kolom komentar “MAU BANGET!”

Selamat berselancar di belahan otak kanan!

author
No Response

Leave a reply "Menghilangkan Lima Huruf"