Mukhoyyam Pramuka SIT Siapkan Jiwa Takwa, Tangkas, Tangguh, Teguh

Untuk pertama kali Sako Pramuka SIT Kabupaten Tegal berencana menggelar mukhoyam akbar. Objek Wisata Cacaban menjadi pilihan tempat perkemahan yang akan dihelat pada 29-31 Januari 2016. Sekitar 300 peserta akan dilibatkan dalam perkemahan yang dibingkai dalam konsep ukhuwah. Peserta tersebut berasal dari 4 sekolah; MI Luqman Al Hakim, MI Bina Amanah, dan SDIT Harapan Ummat Brebes. Satu sekolah yang lain ialah SDIT Usamah Kota Tegal yang diharapkan mengirimkan delegasi, belum menunjukkan kesiapan. Namun mereka turut andil dengan mengirimkan delegasi untuk acara orientasi Pembina Pramuka SIT.

Selain diisi dengan kegiatan pramuka penggalang, acara ini juga diisi dengan kegiatan orientasi Pembina Pramuka SIT yang diikuti Pembina Pramuka SIT dari 4 sekolah tersebut. Orientasi akan diisi oleh Ka Sakoda Jawa Tengah.

Ketua Panitia sekaligus Sakocab Tegal Ka Wigiyatno mengatakan lewat acara ini Sako Pramuka SIT ingin meneguhkan peran pramuka sejati yang sebenarnya diimpikan Boden Powel, pendirinya. Lebih menekankan pendidikan karakter yang sebenarnya. Seluruh kegiatan kepramukaan, itu hanya alat, bukan tujuan utama. Pembinaan Pramuka SIT selalu di arahkan pada pembentukan pribadi yang samil dan mutakamil. Meliputi penyatuan potensi akal, hati, dan jiwa.

Lewat perkemahan nanti para peserta akan dilatih mengasah kekuatan jiwa dan pikiran, serta sikap. Mereka akan dilatih bagaimana menjadi pramuka sejati yang memiliki jiwa takwa, tangkas, tangguh, dan teguh. Takwa tetap dengan selalu menjalankan kewajiban kepada Tuhan YME, melaksanakan shalat jamaah, membiasakan tilawah. Tangkas terhadap cara menyelesaikan pekerjaan. Tangguh terhadap dalam setiap menghadapi permasalahan. Teguh dalam pendirian dalam menyelami nilai-nilai kepramukaan.

author
No Response

Leave a reply "Mukhoyyam Pramuka SIT Siapkan Jiwa Takwa, Tangkas, Tangguh, Teguh"