Hujan Anak Panah Saat Mukhoyam

No comment 228 views

Puluhan anak panah melesat. Mengudara dengan kecepatan tinggi. Membidik target. Jleb! Terlihat ekspresi kebahagiaan di wajah anak-anak pramuka menyaksikan anak panahnya melesat. Mereka tampak gagah saat pertama kali memegang busur, menarik anak panah, hingga melesatkannya.

MI Luqman Al Hakim_Araf Hakim

Peserta Perkemahan di Pos Ibadah. (foto Araf Hakim)

Aktivitas memanah menjadi salah satu kegiatan yang menarik perhatian para peserta mukhoyam yang diselenggarakan Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu Kabupaten Tegal di Cacaban pada 29-31 Januari 2016. Memanah satu dari kegiatan scout adventure, yang terdiri dari pos bacaan shalat, hafalan, PBB, KIM, tali temali, merayap, dan trust fall.

Acara ini digagas sebagai sarana kenaikan pangkat dari siaga ke penggalang. Sebanyak 298 peserta dari tiga sekolah turut memeriahkan acara ini. Mereka adalah MI Terpadu Luqman Al Hakim, MI Terpadu Bina Amanah, dan SDIT Harapan Umat Brebes.

Luqman Al Hakim_Araf Hakim

Kak Amir memandu bagaimana memanah yang benar. (Foto Araf Hakim)

Memanah, olahraga sunah Rasulullah, selain berenang dan berkuda. Kegiatan ini saat ini tengah mulai digiatkan di beberapa kota. Sunah terasa lengkap jika saja tahun ke depan, Pramuka SIT bisa menyediakan sarana berkuda. Subhanallah, sudah nyunnah, indah lagi.

Semua kegiatan kepramukaan memang menarik dan tak ada habisnya. Alhamdulilah, selama ini Pramuka SIT tidak pernah terjebak pada rutinitas kegiatan yang sifatnya teknik kepramukaan. Bagaimana bisa menguasai diri, melakukan antisipasi, mandiri, dan bisa mengatur padatnya kegiatan, tanpa mengabaikan aktivitas ibadah.

Seluruh peserta dituntut tidak hanya terampil mendirikan tenda, kompak PBB dan menguasai tali temali, sandi, juga semaphore, tapi mereka juga dituntut untuk mandiri dan mengasah kemampuan life skill seperti memasak. Tetap membiasakan tilawah, dzikir al ma’tsurat, dan shalat berjamaah.

author
No Response

Leave a reply "Hujan Anak Panah Saat Mukhoyam"