Mengenal Produk Lokal Tegal

No comment 266 views

Sebanyak 98 siswa kelas V MI Terpadu Luqman Al Hakim melakukan kunjungan ke pusat Data Cinema Center (DCC) di Gedung Dadali, Bappeda Kabupaten Tegal, Kamis (14/4). Selain menyaksikan produk-produk khas Kabupaten Tegal, seperti wayang, kaos Tegalan, batik Tegalan, dan juga produk industri logam, anak-anak juga diajak nonton bareng film docudrama Empat Cinta yang merepresentasikan program pemerintah Kabupaten Tegal dibawah kepemimpinan Enthus Susmono dan Umi Azizah.

Film docudrama besutan sutradara Heru S Sudjarwo ini menonjolkan potensi di Kabupaten Tegal. “Film ini sebenarnya merupakan rumusan visi Bupati Tegal Enthus Susmono yakni Cinta Budaya Tegal, Cinta Produk Tegal, Cinta Pelayanan, dan Cinta Desa,” ungkap Mulyo Sugiarto.

arafhakim2

Anak-anak penuh antusias menyimak paparan pemandu DCC. Mulyo memaparkan aneka produk kreatif mulai dari kerajinan seperti sepatu kulit, tas, batik Tegalan, sampai industri logam produk-produk rumah tangga. Di tempat tersebut, anak-anak juga turut menyaksikan hasil karya kreatif dari limbah kayu jati yang bisa dibuat gantungan baju, kaligrafi, tempat air mineral, wadah tisu, sampai kacamata kayu. “Kita harus bangga menjadi bagian Kabupaten Tegal yang kaya dengan produk-produk kreatif,” ungkap Mulyo.

Waka Kesiswaan MI Luqman Al Hakim Ali Irfan mengatkan kunjungan ini diselenggarakan sebagai media pembelajaran bagi siswa-siswi MI Luqman Al Hakim untuk lebih mencintai Kabupaten Tegal dengan segala potensinya. “Kita ingin menunjukkan kepada anak-anak bahwa Kabupaten Tegal itu bisa menghasilkan produk-produk kreatif yang memiliki kekhasan lokal yang bisa menggeliatkan perekonomian lokal,” katanya.

Ia menambahkan bahwa ini kegiatan ini juga sangat baik dilakukan sebagai bagian dari proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 yang diterapkan di sekolah. “Anak-anak jadi punya gambaran, bahwa produk kreatif bisa memicu kegiatan perekonomian daerah,” jelasnya.

author
No Response

Leave a reply "Mengenal Produk Lokal Tegal"