Jajanan Anak Harus Sehat

1 comment 518 views
dsc_6013

Siswa MI Luqman Al Hakim menikmati permainan ular tangga pada Sosialisasi Pangan dan Jajanan Sehat dari Dinkes Kab. Tegal. (3/12)

Wush dadu dilempar,  deg!
Empat! Teriak anak-anak.
Ibu Endah pun mengajukan pertanyaan no 4.
“Lebih bagus mana bawa bekal dari rumah atau jajan sembarangan?
“Lebih bagus bawa dari rumah…” Jawab Iqbal lantang.
“Benar, karena jawabannya benar kelompok Iqbal berhak melempar kembali dadunya” Ujar Bu Endah dari tim Sitem Keamanan Pangan Terpadu Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal.
Permainan ular tangga menjadi salah satu sesi pada kegiatan Pengawasan Jajanan Anak Sekolah dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal di MI Luqman Al Hakim Slawi pada Sabtu, 3 Desember 2016. Anak akan belajar tentang makanan sehat dengan permainan yang menyenangkan.

dsc_6030

Tim Sistem Keamanan Pangan Terpadu dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Slawi menguji kandungan makanan yang ada di lingkungan sekolah MI Luqman Al Hakim pada kegiatan Sosialisasi Pangan Jananan Anak Sekolah di MI Luqman Al Hakim (3/12)

Di sudut lain tim Sistem Keamanan Pangan Terpadu dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Slawi menguji kandungan makanan yang ada di lingkungan sekolah dari pedagang dan kantin sekolah. Hasilnya akan disampaikan pada sesi sosialisasi Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang dihadiri siswa, guru, komite sekolah, orang tua siswa, pedagang, dan kantin sekolah.

Tujuan kegiatan ini disampaikan Siti Nuraeni dari Puskesmas Slawi untuk memberikan penyadaran akan pentingnya makanan sehat. Faktanya banyak makanan impor yang masuk dengan harga yang sangat murah dikemas sangat menarik yang belum terdaftar di Dinkes atau BPOM. Tentu ini sangat berbahaya bagi anak-anak.

Sementara itu Koordinator tim, Edy Iswanto berharap dari kegiatan ini ada pengawasan makanan jajanan anak sekolah, kepedulian sekolah dan komite sekolah akan makanan sehat yang aman dari bahan kimia berbahaya dan makanan sehat dari bakteri berbahaya. Banyak pedagang yang tidak sadar atau sengaja telah mencampur makanan yang dijual ke anak-anak dengan mencampur bahan berbahaya karena ketidaktahuan mereka” paparnya

Edy Iswanto juga memberikan tips Pangan Jajanan Anak Sekolah kepada siswa-siswi MI Luqman Al Hakim:

Biasakan sarapan pagi sebelum berangkat sekolah,

Biasakan membawa bekal makanan dari rumah dengan menu bervariasi, yang dibuat sendiri di rumah,

Hindari makanan yang berwarna mencolok,

Hindari makanan yang berbau tajam,

Amati kandungan bahan makanan,

Baui makanan, jika apek atau “tengik” jangan dimakan.

Sementara itu Daiman selaku Kepala MI Luqman Al Hakim menyambut baik kegiatan ini sebagai upaya untuk pencegahan secara dini penyakit yang dapat ditularkan melalui jajanan anak. [araf]

author
One Response
  1. author

    Dedicated servers9 months ago

    Beberapa ditemukan juga pada produk es krim, sedangkan boraks dan formalin paling banyak ditemukan pada produk tahu dan turunannya. Dengan semakin banyaknya orang tua yang menyiapkan dan membawakan bekal buat anak-anaknya, Suratmono mengatakan kegiatan itu bisa menghindarkan anak-anak sekolah dari jajanan yang tidak sehat.

    Reply

Leave a reply "Jajanan Anak Harus Sehat"