Siswa MI Luqman Al Hakim Sikat Gigi Masal

No comment 55 views

DSC_4677

Ratusan siswa MI Luqman Al Hakim berkumpul berbaris di lapangan seperti upacara. Yang membedakan masing-masing anak membawa peralatan sikat gigi, dari sikat, pasta gigi, dan gelas/botol minum. Hari itu memang ada kegiatan sikat gigi masal untuk siswa MI Luqman Al Hakim. Kegiatan yang dipadukan dengan program nasional Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah 2017 untuk mendeteksi sejak dini masalah kesehatan anak untuk dilakukan penanganan sedini mungkin.

Pemeriksaan yang meliputi pemeriksaan kebersihan rambut, kulit, kuku, dan pemeriksaan gigi, mulut, telinga. Bagi siswa yang memiliki masalah akan direkomendasikan untuk dilakukan penanganan oleh dokter.

DSC_4742

Siswa MI Luqman Al Hakim serius menyimak penjelasan dari petugas Puskesmas Slawi tenteng bagaimana menyikat gigi yang benar saat Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah pada Selasa, 21 November 2017.

Dalam penjaringan ini petugas juga membagikan obat cacing untuk seluruh siswa MI Luqman Al Hakim. Pemberian obat cacing ini bertujuan mencegah penyakit cacingan yang masih cukup tinggi kasusnya. Obat Cacing yang diberikan adalah .Albendazole, dosis tunggal (400 mg). Obat kunyah yang diminum setelah sarapan ini disukai ana-anak karena rasanya yang mirip permen. Anak-anak pun langsung meminum obat ini setelah menerima dari petugas.

Siswa menerima obat cacing gratis dari Puskesmas Slawi.

Siswa menerima obat cacing gratis dari Puskesmas Slawi.

Kegiatan ini dipadukan dengan program Puskesmas Slawi meliputi penyuluhan kesehatan, dan training menyikat gigi yang benar. Siswa dengan antusias menyimak penjelasan dari Ibu Astri perawat gigi dari Puskesmas Salwi. Beliau menyampaikan bahwa sikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur wajib dilakukan. Menurut beliau sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan menjadikan bakteri berkembang. Bakteri ini yang menyebabkan masalah kesehatan gigi dan mulut.

DSC_4754

author
No Response

Leave a reply "Siswa MI Luqman Al Hakim Sikat Gigi Masal"