Bupati Tegal Buka Popda dan Pekan Seni Pelajar

3 comments 159 views


Bupati Tegal Lepaskan Balon Sebagai Tanda Pembukaan Popda dan Pekan Seni Pelajar tahun 2014.

(http://www.tegalkab.go.id) SLAWI-Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (Popda) dan Pekan Seni Pelajar Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2014, dibuka Bupati Tegal Enthus Susmono di Gelanggang Olahraga (GOR) Trisanja Slawi, Senin (3/3) dengan  ditandai dengan pelepasan Balon.

Bupati Tegal Enthus Susmono dalam sambutannya mengungkapkan, pelajar merupakan bagian yang potensial dibidang pembangunan olahraga dan seni. Untuk itu, penyelenggaraan POPDA dan Pekan Seni Pelajar merupakan wahana yang paling sesuai dalam rangka rekrutmen pelajar yang berprestasi di bidang olahraga dan seni, untuk mempersiapkan dan mengikuti kejuaraan tingkat yang lebih tinggi.

“Popda dan Pekan Seni Pelajar ini, merupakan suatu kegiatan yang sangat dibutuhkan, sebagai sarana  untuk mengukur tingkat keberhasilan dari suatu pembinaan,  dan  untuk  menjaring  bibit  olahragawan pelajar yang potensial, serta untuk menanamkan sikap sportif, dengan menghargai keberhasilan atau kelebihan orang lain, sehingga timbul rasa percaya diri untuk berbuat lebih baik di masa yang akan datang”, ujarnya.

Menurut Enthus, antusiasme para pelajar yang masih berusia belia dalam kegiatan ini, patut untuk terus dipupuk dan dibina. Mengingat tanggung jawab pendidikan, termasuk di dalamnya upaya peningkatan kualitas dan kemampuan anak, tidak hanya bergantung pada guru, pendidik ataupun instruktur di lingkungan pendidikan semata-mata. Akan tetapi, pendidikan lingkungan oleh orang tua dan masyarakat, justru merupakan bagian terpenting dalam perkembangan fisik dan mental anak-anak. Hal ini perlu disampaikan, karena di tangan merekalah prestasi olahraga dan seni di Kabupaten Tegal untuk masa depan ditentukan.

“Saya mengajak segenap stake-holders pendidikan di Kabupaten Tegal, untuk bersama-sama menyamakan visi, misi dan persepsi kita di dalam pola pendidikan dan kemampuan serta ketrampilan anak di masa depan. Hanya dengan pola serta proses yang baik dan benar saja, yang diharapkan dapat menuntun anak-anak kita memperoleh apa yang diharapkannya di masa depan”, ujarnya.

Untuk itu, Bupati berharap kepada para pelajar yang akan tampil dalam kompetisi Popda dan Seni ini, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh di dalam setiap perlombaan. Karena dengan sikap serius, kita akan dapat mengukur seberapa besar kemampuan kita di bidang olahraga yang tengah kita geluti. Sebaliknya, dengan sikap meremehkan dan main-main, hanya akan membuang-buang energi, tenaga, waktu, dan pikiran, yang seharusnya dapat kita pergunakan dengan sebaik-baiknya untuk hal-hal yang bermanfaat. Disamping itu, Bupati juga berharap kepada Panitia Penyelenggara dan seluruh kontingen dan para atlit, serta penonton atau supporter, untuk bersama-sama mensukseskan penyelenggaraan POPDA dan Pekan Seni Pelajar ini, sehingga dapat berjalan dengan tertib, lancar aman dan berhasil mengukir prestasi yang membanggakan. Tandasnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Popda dan Pekan Seni Kabupaten Tegal Drs Edi Budiyanto, MPd melaporkan, peserta popda dan pekan seni pelajar tahun ini diikuti oleh seluruh pelajar pada jenjang satuan pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dan telah mengikuti seleksi di tingkat UPTD Dikpora untuk SD, dan ditingkat satuan pendidikan untuk jenjang SMP, SMA dan SMK. Bagi pemenang pertama tingkat Kabupaten akan menjadi peserta pada Kejuaraan  yang sama di tingkat Propinsi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Menurut Edi, maksud kegiatan Popda dan Seni Pelajar ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada para pelajar dan peserta didik untuk mengembangkan bakatnya dibidang olahraga dan seni. Sedangkan tujuanya, untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui olahraga dan seni, serta sebagai ajang evaluasi terhadap pembinaan olahraga dan seni di sekolah-sekolah se kabupaten Tegal. Termasuk sebagai sarana memupuk, memelihara dan menggalang rasa persatuan dan kesatuan di kalangan pelajar.  “Dalam Popda dan Pekan seni pelajar ini, cabang yang dilombakan meliputi atletik, renang, bulu tangkis, bola voli, sepak bola, tenis meja, tenis lapangan, catur, karate, pencak silat, dan bola basket. Sedangkan dalam pekan seni, yang dilombakan meliputi, seni tari, macapat, seni lukis, karawitan, dan geguritan. Demikian laporan Edi Budiyanto. [Skr]

author
3 Responses
  1. author

    Mona4 years ago

    :p 😀 🙂 ({})

    Reply
  2. author

    Rafi Gm4 years ago

    ;( jubrit

    Reply
  3. author

    Farhan kurniawan4 years ago

    ^_^

    Reply

Leave a reply "Bupati Tegal Buka Popda dan Pekan Seni Pelajar"