Menebarkan Epos saat Mendidik Anak

No comment 190 views

DSC_0047_arafhakimYayasan Ulin Nuha Kabupaten Tegal punya cara tersendiri untuk memotivasi para guru, terutama tentang mendidik anak dengan hati. Acara ini digagas dalam bentuk seminar parenting yang pesertanya adalah guru-guru TKIT Khodijah, MI Luqman Al Hakim, SMP IT Luqman Al Hakim, dan juga undangan khusus dari guru-guru di SDIT Usamah dan SMK Insan Mulia Kab. Tegal.

Acara tersebut diselenggarakan pada Jumat (29/8) di Hotel Plaza Tegal dengan menghadirkan dr. Susi Suryaningsih, SP. Kj. M. Kes sebagai pembicara. Direktur Pendidikan Yayasan Ulin Nuha Sudirman, S.Pd mengungkapkan tujuan dari acara ini adalah sebagai media penyegaran bagi para guru, karena setiap pekerjaan pasti mengalami titik jenuh. “Saya berharap seminar ini bisa menjadi momentum penyegaran semangat kita agar lebih optimal dalam mendidik anak-anak dengan sepenuh jiwa,” kata Sudirman.

Pada kesempatan itu dr. Susi menyampaikan pentingnya aura positif seorang guru, lebih-lebih kepada orang tua. “Jika aura sudah terpancar, tanpa banyak bicara pun anak-anak sudah nurut sama kita,” ungkapnya.

DSC_0040

Ia menambahkan ketika ingin anak-anak yang kita didik menjadi anak saleh, pastinya ada proses dan perjuangan panjang di tangan orang tua termasuk guru. “Kesalehan itu tidak otomatis, tapi harus dirancang dan diupayakan,” kata dr. Susi. Langkah yang harus dilakukan adalah mendidik mental positif agar bisa menjadi anak-anak yang memiliki karakter, memiliki harga diri, punya sikap welas asih kepada orang lain, serta punya integritas dan tanggung jawab.

Aura positif bisa diwujudkan dalam sikap maupun cara berkomunikasi dengan anak-anak tanpa melukai perasaan mereka sebagai seorang anak. Ia sangat yakin, guru atau orang tua yang menganggap anak sebagai anugerah dan bisa membawa diri ikut menebarkan epos dalam mendidik anak-anaknya mampu mengantarkan anak-anak tumbuh menjadi anak yang punya karakter kuat.

author
No Response

Leave a reply "Menebarkan Epos saat Mendidik Anak"