Hanya 2 Menit Menghafal Cepat

1 comment 193 views

Oleh Ali Irfan

aliSaya sudah membuktikan bagaimana menghafal cepat hanya dengan 2 menit. Spontan saya praktekkan apa yang telah saya baca dan pelajari dari buku 7 Metode Terlarang Menjadi Jenius, karya Ardi Gunawan. Hasilnya menakjubkan! Saya sendiri saja merasa tak percaya.

Kebetulan saya menjadi salah satu tim pengajar Qiroah di kelas 6A. Jika pada biasanya pelajaran membaca secara klasikal, diselingi pelajaran gharib musyiklat, dan menulis indah, rekan mengajar saya, Ust. Habib Junaedi, memberi tugas kejutan dengan memberikan tugas menghafal nama-nama surat dalam Al Qur’an mulai dari surat pertama sampai surat kesepuluh. Mendapat kejutan itu anak-anak pada kaget.

Mereka mencoba menghafal secara konvensional, yakni dengan mengulang-ulang, nama-nama surat dari Surat Al Fatihah sampai Surat Yunus. Lima menit berlalu, belum pada hafal juga. Sepuluh menit berlalu, masih sedikit yang sudah hafal.

Akhirnya di atas kepala saya, muncul bola lampu pijar yang menyala terang. “Aha! Think!”

Akhirnya anak-anak yang lagi serius menghafal, saya minta stop!

“Apakah kalian mau menghafal surat-surat itu kurang dari 2 menit tanpa mencatat, dan hanya mengandalkan imajinasi dan visualisasi?”

“Mauuu!!!” serentak anak-anak menjawab kompak.

“Baik, ustad akan ajarkan menggunakan salah satu teknik dari 7 metode terlarang. Kita akan menghafal dengan metode cerita.”

Lantas, anak-anak saya perintahkan untuk memperhatikan nama-nama surat dalam tabel Al Qur’an, mulai dari Surat Al Fatihah, Al Baqarah, Ali Imron, An Nisa, Al Maidah, Al An’am, Al A’raf, Al Anfal. At Taubah, dan Yunus.

Sebelum menggunakan metode cerita, saya pakai strategi asosiasi, yakni mengganti nama-nama surat tersebut dengan kata lain yang mirip. Hasil asosiasi di atas, adalah sebagai berikut.

Al Fatihah, menjadi Al Fath, secara kebetulan di kelas itu ada anak yang namanya Al Fath.

Al Baqarah menjadi sapi betina, secara kebetulan arti dari surat itu adalah sapi betina.

Ali Imron menjadi Pak Imron, An Nisa menjadi Nisa. Al Maidah menjadi Almaida, itu nama anak saya. Al An’am menjadi Anam, Al A’raf menjadi Ustad Araf, kebetulan ada salah satu guru kami namanya Araf Hakim. Al Anfal menjadi Naufal, kebetulan di kelas itu ada anak yang namanya Naufal, At Taubah menjadi tobat, dan Yunus tetap menjadi Yunus.

Selesai mengasosiasi, baru lanjut membuat ceritanya. Inilah hasil ceritanya…

“Al Fath kasih makan Sapi Betina milik Pak Imron, bapaknya Nisa, saudarinya Almaida. Lalu ketemu Anam di jalan yang mau ke rumah Ustad Araf. Di sana ada Naufal yang lagi Tobat sama Yunus.”

Mereka senyum-senyum begitu mendengar cerita Al Fath kasih makan sapi betina. Lebih lebar lagi senyum mereka ketika tahu Naufal lagi  tobat sama Yunus di hadapan Ustad Araf. Memang kesalahan apa yang mereka perbuat?

Saya hanya kasih waktu hanya 2 menit untuk menghafal cerita Al Fath kasih makan sapi betina itu. Luar biasa, anak-anak sangat antusias menghafal, dan terbukti efektif, waktu yang hanya 2 menit benar-benar optimal. Semua anak-anak lebih cepat menghafal, dan dengan sangat mudah menyebutkan urutan-urutan surat Al Qur’an dengan sangat lancar.

Jika menghafal 10 surat saja bisa, tentu 20 surat, 100 surat, bahkan sampa 114 surat juga pasti bisa dihafal dengan cara  yang juga mudah. Caranya, gunakan rumus di atas! Itu PR buat kamu ya…

***

Itu baru satu teknik dari 7 metode terlarang. Kalau saya yang hanya baca bukunya saja merasakan manfaatnya apalagi kalau ketemu dan belajar langsung sama penemu 7 Metode Terlarang menjadi Jenius itu ya. Menjawab penasaran itu, akhirnya saya tergerak untuk menghadirkan langsung Ardi Gunawan, Pakar Menghafal Cepat Otak Kanan dari Smart Brain International. Saya jamin, rasa penasaran anda akan terjawab pada training yang akan diselenggarakan pada 21 Maret 2015 nanti di Hotel Plaza, Kota Tegal.

Ayo, ambil keputusan segera, dan daftar menjadi bagian dari peserta Training Menghafal Cepat dengan Otak Kanan!

Training Tegal Ok

author
One Response
  1. author

    daryono alfaruqi3 years ago

    cerdas banget antum, luar biasa..! memang ilmu itu selalu berkembang dari zaman ke zaman. Subhanalloh..! aq harus banyak belajar dari orang lain, insyaAlloh……….

    Reply

Leave a reply "Hanya 2 Menit Menghafal Cepat"