Membangun Karakter Siswa dengan “Rujak Party”

Sabrina dengan hati-hati mengupas pepaya. Fadhil juga tampak sibuk dengan nanasnya. Nabila, Calista, Adinda, Anggi, dan Tiara berjuang melembutkan kacang tanah goreng dengan cobek. Hampir seluruh anak-anak sibuk mengupas dan memotong belimbing, bengkuang, mangga, apel, jambu air, nanas, dan papaya yang mereka bawa dari rumah. Ya, hari itu, Sabtu, 7 November 2015 kelas 5C MI Luqman Al Hakim mengadakan “Rujak Party” di rumah Sabrina salah satu siswa. Makanan yang biasa disebut dengan rujak lutis ini disiapkan sendiri oleh anak-anak didampingi oleh wali kelas Ustadzah Lina dan Ustad Araf.

DSC_0308

 rujak araf

Aluga terlihat meringis kesakitan. Rupanya ibu jarinya terkena pisau. Ibu Sabrina selaku tuan rumah dengan sigap mengobati dan menutup luka Aluga dengan plaster.

Setelah melalui perjuangan yang panjang dan berdarah-darah, akhirnya rujak lutis pun siap. Anak-anak sangat senang. Dengan lahap mereka menikmati nikmat dan segarnya rujak buah yang mereka buat sendiri. Sambal yang sudah disiapkan pun ludes. Sampai-sampai Ustadzah Lina harus membuat sambal tambahan.

rujak araf2

Ustadzah Lina selaku wali kelas menyampaikan bahwa membangun karakter anak dapat dilakukan dengan santai, fun, segar, dan penuh canda. Terbukti kegiatan yang disebut dengan “Rujak Party” dinilainya cukup efektif. “Kerja sama, kasih sayang, tanggung jawab, sikap itsar (mementingkan saudaranya) bisa dibangun melalui kegiatan ini” pungkasnya.[]

author
2 Responses
  1. author

    pawie3 years ago

    biasakan makan buah biar sehat … jangan lua dicuci buahnya dan tangannya dulu, kok ustadz ga dikasih ya…

    Reply
  2. author

    alumni 9(humam)3 years ago

    jadi pengen nih..

    Reply

Leave a reply "Membangun Karakter Siswa dengan “Rujak Party”"